Selasa, 26 April 2016

Keberangkatan

Merencanakan keberangkatan Anda

Setelah Anda telah diterima untuk belajar di lembaga pendidikan dan telah menerima konfirmasi visa pelajar, Anda harus mulai merencanakan kedatangan Anda.

Berikut adalah daftar yang dapat Anda gunakan untuk membantu merencanakan keberangkatan Anda.
  • Paspor dan Visa - pastikan paspor Anda masih berlaku minimal 6 bulan sebelum kedatangan Anda di Australia, dan pastikan Anda memiliki semua dokumen visa. Ada baiknya meninggalkan salinan paspor Anda di rumah atau memiliki salinan secara daring (online) untuk berjaga-jaga apabila Anda kehilangan paspor.
  • Pendaftaran siswa dan dokumen orientasi - Anda akan membutuhkan konfirmasi pendaftaran (CoE/Confirmation of Enrolment) dan paket informasi siswa, yang akan Anda terima dari lembaga pendidikan Anda.
  • Asuransi Kesehatan Siswa Asing (OSHC/Overseas Student Health Cover) - ini termasuk persyaratan untuk masuk ke Australia, jadi pastikan Anda telah memiliki polis asuransi kesehatan sebelum berangkat.
  • Asuransi Perjalanan - Anda mungkin ingin mempertimbangkan juga asuransi perjalanan, yang dapat menjamin hal-hal yang tidak tercakup oleh OSHC - seperti pembatalan penerbangan, kehilangan dokumen, perawatan gigi atau mata, dll.
  • Tiket pesawat - Pastikan Anda ingat akan tanggal dan waktu penerbangan Anda. Simpan data penerbangan Anda di tempat yang aman, bersama dengan paspor dan visa.
  • Daftar alamat penting - Anda mungkin ingin memiliki daftar kontak darurat untuk keluarga, serta kedutaan, akomodasi dan lembaga pendidikan Anda. Jika Anda menggunakan agen pendidikan, juga ada baiknya memiliki alamat kontak mereka, jika Anda perlu menghubungi mereka setelah tiba di Australia.
  • Mata uang Australia - terdapat tempat penukaran uang di bandara dan kota-kota Australia, tetapi sebaiknya bawalah beberapa uang Australia sebelum meninggalkan negara Anda.
  • Transportasi dari bandara - baik jika menggunakan transportasi umum, taksi, atau akan dijemput dari bandara oleh lembaga pendidikan Anda, penting bahwa Anda memiliki semua perinciannya termasuk waktu, rute dan nomor kontak lembaga pendidikan jika perjalanan Anda diatur oleh mereka. Jika membutuhkan peta untuk membantu menuju akomodasi Anda dari bandara, ini tersedia di bandara, atau Anda dapat mencetaknya sebelum berangkat.
  • Keterangan akomodasi - Pastikan Anda telah memiliki alamat tempat tinggal serta nomor teleponnya dan konfirmasi pembayaran (jika Anda telah membayar untuk akomodasi Anda).

Peraturan Bea Cukai, Perlindungan Perbatasan dan Karantina

Anda harus mengetahui apa saja yang tidak dapat dibawa ke Australia(opens in a new window) dan oleh karena itu tidak boleh Anda kemas.
Adalah ilegal untuk membawa obat-obatan termasuk ganja, marijuana, heroin, kokain dan amfetamin masuk dan keluar dari Australia. Dan ada sejumlah barang yang harus Anda laporkan saat datang di Australia seperti:
  • Senjata api, senjata dan amunisi
  • Uang sebesar $A10,000 (atau mata uang asing yang setara)
  • Beberapa jenis obat tertentu
  • Barang makanan, tanaman, hewan dan biologi
Anda juga harus menyadari bahwa sebagai bagian rutin dari pekerjaan mereka, petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan setiap saat dapat menanyakan pengunjung, dan mungkin menggunakan anjing terlatih untuk mendeteksi obat terlarang atau barang impor yang terlarang. Jika merasa ragu, laporkan barang Anda atau minta saran dari petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan. Melaporkan barang tidak selalu berarti koper Anda akan diperiksa.
Orang yang dengan sengaja melanggar peraturan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Australia dan peraturan karantina dapat didenda(opens in a new window) atau dibawa ke pengadilan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peraturan karantina Australia dan apa saja yang dapat Anda bawa ke Australia kunjungilah situs web Departemen Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (Department of Agriculture, Fisheries and Forestry(opens in a new window)). Anda juga bisa mendapatkan informasi dari situs web Dinas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Australia (Australian Customs and Border Protection Service).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar